Kenapa & Cara Mengatasi Whatsapp Tidak Bisa Kirim Video

Pernah mengalami saat sobat mengirim video di WhatsApp tapi ternyata tidak bisa? Untuk beberapa user WA admin yakin pernah mengalami hal serupa, lalu sebenernya apa penyebab dan cara mengatasi WhatsApp yang tidak bisa mengirim video?

Sebagai aplikasi nomor wahid messenger saat ini, bukan berarti menjadi yang terbaik dalam segala hal baik dari antar muka yang super friendly, mudah penggunaan, fitur yang lengkap dan free.

Ada salah satu masalah yang mungkin di alami hampir semua orang yaitu kenapa sih saya tidak bisa mengirim file video melalu WhatsApp? Ada juga pertanya lain, kenapa setiap video yang saya kirim selalu terpotong?

Dalam semua hal di dunia ini pasti terdapat sebuah aturan yang harus kita ketahui sebelum kita mengeksekusi hal-hal tersebut, namu dalam prakteknya yang demikian tersebut muncul saat kita terbentur dengan urusan yang sedang kita lakukan “banyak orang lebih suka berbuat dahulu atas suatu hal dari pada membaca buku panduanya” kurang lebih seperti itu istilahnya.

Disini akan admin bahas tuntas untuk menyelesaikan permasalahan di atas, secara jelas, lengkap dan detail kamu bisa ikuti tutorial dibawah ini:

1. Pertama yang harus kamu cek adalah koneksi internet. Perhatikan hal dibawah ini:
a. Gunakan kartu gsm yang terkenal kehandalanya, contoh saja Telkomsel/Indosat. Tapi lebih kepada di sesuaikan dengan lokasi kamu berada karena bisa jadi koneksi internet terbaik yang kamu dapat bisa dari Tri/XL atau Smartfren. Ada sebuah istilah beda lokasi beda speed internetnya.

b. Paling gampang sih kamu buka youtube dan coba putar video dengan resolusi 360p, jika terputar dengan lancar tanpa buffering maka sudah dipastikan koneksi internet kamu tembus di kecepatan 2Mbps.

Kecepatan tersebut sudah sangat aman jika harus berkirim file dengan ukuran MB dengan cukup cepat. Contoh video 360p di youtube:

2. Kedua harus dipastikan kamu sudah memberikan izin aplikasi whatsapp untuk mengakses ruang penyimpanan di smartphone. Walaupun pada default hal ini sudah di izinkan tapi dengan adanya perihal lain konfigurasi ini bisa jadi tidak di izinkan. Silahkan cek konfigurasinya dengan langkah seperti gambar dibawah:

Posisi aplikasi whatsapp sudah di berikan izin terlihat pada gambar 4, kamu bisa izinkan semua keperluan agar tidak terjadi masalah lainya. Silahkan kamu coba kembali mengirim video untuk melihat hasilnya.

Baca Juga :  Cara Membuat & Update Status Tulisan di WhatsApp

3. Ketiga, kemungkinan besar kamu juga belum tahu jika pengiriman video melalui whatsapp hanya diperbolehkan maksimal 16 MB dengan durasi kurang lebih 1,5 – 2,5 menit karena tergantung juga dengan besaran resolusi video yang akan kamu kirimkan.

Sebagai contoh, ketika kamu akan mengirimkan ukuran video lebih dari 16 MB maka secara otomatis video akan terpotong-potong dan kamu harus melakukan pengiriman sejumlah dengan potongan video yang ada

Setiap kamu akan mengirim video maka harus menggeser batasan video dari satu potongan ke potongan berikutnya. Si penerima pesan video kamu akan menerima potongan video sejumlah yang kamu kirimkan.

Berikut admin contohkan jika mengirim video lebih dari batasan yang diberikan:

4. Ke Empat, ruang penyimpanan di smartphone penuh. Hapus file-file yang diangap sudah tidak digunakan atau backup file tersebut ke laptop/komputer.

Ketika kita akan mengirim file video melalui whatsapp, secara otomatis whatsapp akan menduplikasi file video dari video aslinya dan di simpan dalam folder whatsapp sendiri. Hal ini juga akan terjadi ketika kamu mengirim file gambar, suara, dokumen dll.

5. Ke Lima, bisa di bilang ini langkah terakhir. Jika empat hal di atas masih belum menyelesaikan masalah yang dihadapi, berarti perlu melakukan Uninstal aplikasi whatsapp tapi terlebih dahulu dengan menghapus semua data dan cache pada whatsapp.

Silahkan share link ini agar teman ataupun sanak saudara kamu yang belum tahu kenapa & cara mengatasi whatsapp tidak bisa kirim video bisa ikut mempelajarinya dan dalam rangka membantu sesama .
Salam #MA

kenapa wa saya tdk bisa kiri video, whatsap tidak bida kirim vidio, kenapa whatsapp tidak bisa kirim video, wa tidak bisa kirim video