Template dan Ukuran Story Instagram ( InstaStory )

Bagaimana template dalam InstaStory dan juga ukuran Instasory pada Instagram? mungkin banyak yang masih bingung di kedua materi ini, mari kita bahas tentang fitur template pada instagram dan berapa normalnya ukuran story Instagram yang disarankan oleh pihak Instagram untuk InstaStory.

Melalui Instagram story, apapun hal menarik dapat segera dibagikan dengan mudah tanpa perlu membuat feed penuh karena bisa langsung hilang dalam waktu 24 jam, Bermacam-macam postingan baik foto maupun video bisa di-post instagram story.

Belum lagi fitur tambahan seperti GIF, sticker dan efek lain yang bisa membuat instagram story semakin meriah dan tak membosankan. Meskipun kadang story instagram harus sesuai ukuran-ukuran tertentu tetapi tetap tak membuat penggunanya urut.

Tak heran bila fitur instagram story sangat digemari pengguna instagram yang suka eksis di media sosial, Belakanan ada postingan di story yang ramai diperbicangkan dan menuai banyak respon positif yakni template instagram, yaitu story yang berisi pertanyaan umum tetapi dikemas dengan cara yang menarik dan seru, sehingga banyak yang penasaran.

Berikut ulasan menarik tentang template dan ukuran story instagram yang perlu Anda tahu.

Mengenal Template Instagram Story

Template instagram story sebetulnya sudah ada sejak lama, namum belakangan mulai jadi tren kembali ketika mulai banyak pengguna yang memposting ulang template pengguna lain di story miliknya, Sebagai platform sosial media yang hampir sepenuhnya mengandalkan visual, template yang diunggah ke instagram story memberikan cara baru untuk saling mengenal kepribadian masing-masing pengguna.

Template dalam story di instagram biasanya merupakan gambar yang buat khusus dengan memadukan grafis dan teks yang menarik. Di dalam template biasanya berisi beberapa pilihan atau pun kolom pertanyaan yang dibiarkan kosong agar bisa diisi oleh pengguna lain yang tertarik untuk berpartisipasi.

Caranya mudah cukup screenshot template tersebut, lalu edit dan jawab pertanyaan yang ada kemudian posting kembali di story. Dengan adanya story highlights, template yang telah dibuat akan selalu berada di bagian teratas profil yang bisa digunakan sebagai alternatif bio.

Yang akan membuat siapa pun mengenal Anda lebih dekat dengan cara yang fun dan seru, Tujuan utama dari template ini sebetulnya untuk saling berbagi informasi tentang apapun dan tidak terbatas, mulai dari hobi, makanan favorit, pekerjaan, destinasi wisata dan banyak hal lainnya.

Bahkan template instagram story juga bisa jadi senjata yang sangat efektif untuk mendukung perkembangan sebuah bisnis. Seperti yang Anda lihat, disetiap template akan ada nama akun pembuatnya sehingga sangat mudah untuk menciptakan branding dan mengenalkannya.

Karena sekali template story di upload dan ternyata disukai para follower, maka ini bisa membuat jaringan turut bertambah. Ini akan jadi sarana pemasaran yang fantastis karena follower yang melakukan share dengan senang hati.

Sekarang apa lagi yang ditunggu? Mulailah berburu template di Instagram dan akan Anda temukan banyak akun yang menyuguhkan template unik dan menarik yang bisa Anda screenshot. Atau bisa Anda download di beberapa web yang menyuguhkan template.

Baca Juga :  Aplikasi Download Video & Foto Instagram Mudah Work Gan!!

Mungkin Anda juga dapat membuat sendiri sesuai karakter, isi template tersebut lalu unggah ke story Anda lalu bagikan.

Berapa Ukuran Story Instagram ‘InstaStory’

Banyak kelebihan fitur story di Instagram yang membuat sebagian besar pengguna tak pernah berhenti membuat story baru setiap harinya. Tetapi terkadang fitur story ini mengharuskan pengguna untuk mengedit ukuran foto maupun video yang ingin di-upload dengan ukuran tertentu.

Instagram memang sangat ketat soal ukuran konten yang akan di upload story instagram. Jika ukuran story yang Anda upload tak sesuai ukuran yang ditetapkan, maka story Anda akan secara otomatis disesuaikan bisa di-crop atau bahkan diperbesar.

Sehingga kadang membuat kualitas konten yang di-upload berkurang, dan juga membuat tampilan story terlihat kurang menarik.

Ukuran story instagram idealnya ialah 1.080px X 1.920 px, yang berati bahwa ukuran story instagram harus memiliki lebar 1.080 piksel dengan tinggi 1.920 piksel atau yang biasa disebut dengan aspek rasio 9:16.

Nah, jika ingin menambahkan foto atau video simpel ke dalam story Anda, yang perlu Anda lakukan ialah membuat video seperti sebuah film atau ambil foto menggunakan kamera vertikal Anda.

Jika Anda ingin membuat Instagram story yang terlihat profesional yang di dalamnya memiliki teks dan visual yang menarik. Maka ada beberapa hal lagi yang perlu Anda pertimbangkan, misalnya saja menggunakan aplikasi untuk membuatnya lebih mudah.

Seperti Snappa misalnya yang bisa membuat Instagram story terlihat lebih menarik, baik untuk Anda sendiri maupun untuk pengembangan bisnis Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengungggah story berupa video dari video yang telah Anda ambil sebelumnya melalui kamera dengan aspek rasio 16: 9.

Kemudian mengeditnya menggunakan program seperti iMovie, Adobe Premiere Pro, atau Final Cut. Sebelum mengedit ukuran story instagram menggunakan perangkat tersebut, Anda harus memastikan software tersebut mampu mengeit video deungan ukuran 1080 x 1920 piksel.

Kesimpulan

Template dan ukuran story instagram, keduanya saling berhubungan. Sebelum membuat template story instagram, Anda lebih dulu harus memperhatikan tentang ukurannya agar pas dan tak akan terpotong. Jadi story instagram yang akan di upload bisa memiliki kualitas yang bagus dan tentu saja menarik.

Agar template story yang Anda buat menarik dan disukai, harus ada call-to-actions di dalam konten tersebut. Meskipun semua bisa Anda bagikan melalui story tetapi pilihlah konten yang positif agar menularkan kebaikan. Promosi harus, tetapi jangan terlalu berlebihan, buatlah secara kreatif agar tidak monoton dan mambosankan.

Semoga bermanfaat.

ukuran konten story ig