3 Cara Menghapus Kontak WhatsApp & Solusi Agar Permanent

Punya mantan pacar, mantan sahabat, mantan gebetan? sakit hati dan ingin menghapus kontaknya dari WhatsApp? bahkan hingga berusaha memblokir nomor hp nya! tenang saja admin punya solusi cara menghapus kontak WhatsApp dengan mudah.

Secara default aplikasi whatsapp akan membaca daftar kontak yang berada di hp, baik daftar kontak yang kamu buat di hp, SIM Card, Google dll.

Nama kontak yang di aktifkan untuk whatsapp bagi si punya nomor akan otomatis tertambahkan di daftar kontak WhatsApp milik kamu, hanya saja kebanyakan orang tidak mengetahui nomor mana yang digunakan sebagai whatsapp apalagi jika ada seseorang dalam daftar kontak memiliki lebih dari satu nomor yang tersimpan.

Pada umumnya sebelum menambah kontak, orang akan bertanya apakah nomor ini juga digunakan sebagai nomor whatsapp atau hanya kontak biasa saja.

Dalam beberapa hal seorang pengguna smartphone akan membedakan nama untuk memudahkan mana nomor yang hanya digunakan untuk sms, telp dan membuat nama yang berbeda untuk nomor yang di gunakan untuk whatsapp.

Bagi orang yang lebih paham dalam urusan ini tidak akan mempunyai masalah walau menyimpan satu nama dengan banyak nomor kontak didalamnya, kenapa?

Cara Menghapus Kontak WhatsApp

Karena pada umumnya pengguna smartphone di Indonesia mempunyai lebih dari satu nomor yang di funggsikan dengan untuk hal yang berbeda pula.

Secara jelas, lengkap dan detail kamu bisa ikuti tutorial dibawah ini, Lalu bagaimana sih cara mengahapus kontak di whatsapp:

1. Buka aplikasi whatsapp kamu, Lihat gambar dibawah:

Di langkah kedua adalah sebagai contoh nama kontak yang akan admin hapus.

Pada gambar 5 dan 6 pada bagian atas, nama kontak admin blok warna merah. Nanti ketika sudah di hapus dari daftar kontak whatsapp, maka pada bagian atas tersebut berubah menjadi nomor kontak saja bukan berupa nama lagi (akan terlihat pada langkah selanjuntnya).

Pasti kamu familiar dengan tampilan di atas ya, merupakan tampilan dari daftar kontak di hp kamu. Pada dasarnya semua kontak yang tersimpan secara default jika kamu melakukan perubahan dari pihak ketiga tetap saja akan di arahkan ke aplikasi kontak bawaan hp. Makanya pada langkah ke enam pilihanya adalah Lihat dibuku alamat.

2. Setelah kontak di hapus dari daftar kontak, kamu akan di arahkan kembali ke whatsapp. Lihat gambar dibawah:

Baca Juga :  Cara Menyembunyikan Kontak WhatsApp Work [Anti Ketahuan]

Seperti yang sudah admin jelaskan pada langkah digambar 5 dan 6, ketika sudah dihapus dari daftar kontak maka yang tadinya kontak whatsaap berupa nama akan berubah menjadi nomor kontak, perhatikan gambar diatas.

Pada gambar langkah 11 di atas ada menu untuk Blokir dan Tambah. Ini terjadi karena nomor whatsapp di atas sudah di hapus dari daftar kontak di smarphone kamu. Pada tahap ini merupakan pembuktian penghapusan kontak sudah berhasil.

Namun jika kamu mempunyai hal lain yang ingin di lakukan silahkan saja, misalnya kamu ingin memblokir nomor ini maka pilih saja Blokir sehingga pemilik nomor tersebut tidak akan bisa mengirim pesan, telp dan video call melalu whatsapp atau kamu mau menambahkan kembali ke dalam daftar kontak, ya pilih saja Tambah dan berikan nama kontaknya.

3. Adakalanya walaupun sudah dihapus dalam daftar kontak tetapi kontak whatsapp yang sudah di hapus tersebut masih saja di tampilkan di aplikasi whatsapp. Disini kita perlu memperbaharui daftar kontak, lihat gambar dibawah untuk langkahnya:

Kamu bisa melakukan hal yang sama seperti langkah-langkah di atas untuk menghapus daftar kontak whatsapp lainya. Menghapus kontak whatsapp dari aplikasi whatsapp hanya bisa dilakukan satu persatu ya gais, jadi kamu tidak bisa memilih banyak kontak sekaligus untuk menghapus kontak di whatsapp.

Hal tersebut belum bisa dilakukan karena aplikasi whatsapp sendiri belum bisa memisahkan masing-masing nomor yang digunakan untuk whatsapp yang tersimpan dalam satu nama dengan beberapa kontak di dalamnya.

Kita tunggu saja, mungkin fitur menghapus banyak kontak dari whatsapp akan ada di update aplikasi whatsapp terbaru.

Silahkan share link ini agar teman ataupun sanak saudara kamu yang belum tahu cara menghapus kontak whatsapp bisa ikut mempelajarinya dan dalam rangka membantu sesama. Bagikan juga pengalaman kamu saat membuat grup whatsapp.

Salam #MA