Cara Mengganti Email Instagram yang Lupa Password (Usang)

Sial jika ternyata sobat lupa alamat email yang digunakan untuk mendaftar Instagram, nah jika sudah seperti rasanya sudah saatnya mengganti email Instagram dengan email yang baru, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, seperti hacking, phissing dan sebagainya.

Ketika membuat akun Instagram, Anda akan diminta untuk memberikan alamat email agar bisa membuat akun Instagram baru. Alamat email ini sangat penting sebab, ini akan menjadi tempat untuk recovery jika akun Anda bermasalah.

Misalnya jika lupa kata sandi atau password untuk masuk ke akun Instagram, maka alamat email bisa digunakan untuk meminta pemulihan akun.

Selain itu, email juga digunakan untuk mendapatkan informasi jikalau terjadi hal-hal buruk pada akun Anda. Seperti ketika ada hacker yang iseng membajak akun Anda misalnya. Dan banyak lagi pentingnya menambahkan alamat email di Instagram

Tetapi bagaimana jika alamat email yang digunakan untuk membuat akun Instagram tak lagi aktif karena tak pernah digunakan?  Solusinya tentu mengganti alamat email yang lama dengan email yang baru, supaya jika terjadi sesuatu dengan akun Anda, Anda bisa lebih tanggap.

Cara Mengganti Email Instagram

Lantas bagaimana cara mengganti email Instagram dengan yang baru? Simak ulasan berikut selengkapnya cara mengganti email Instagram:

1. Pertama buka akun Instagram Anda lebih dulu, bisa menggunakan web browser desktop maupun mobile atau menggunakan aplikasinya secara langsung. Masukan nama pengguna dan kata sandinya, jangan sampai lupa.

2. Jika sudah, tap ikon Profile yang ada di pojok kanan bawah, lalu Anda akan di bawa ke laman Profile.

Di laman tersebut klik ikon Edit Profile, dan Anda bisa mengubah banyak hal di laman trsebut tak hanya mengganti alamat email saja. Tetapi juga nama pengguna, bio hingga nomor telepon pun bisa Anda ubah sesuai kebutuhan.

3. Pilih di bagian Private Information untuk mengubah alamat email lama dengan yang baru. Masukan alamat email yang baru ke kolom yang disediakan, jika sudah lanjut tap ikon centang biru yang berada di sudut kanan atas pada layar.

Baca Juga :  3 Cara Mengambil Screenshot di Instagram Story agar Tak Ketahuan

4. Kemudian akan muncul notifikasi untuk melanjutkan tahapan selanjutnya lalu tap Ok, dan Anda harus mengkonfirmasi bahwa Anda telah mengubah alamat email akun Instagram dengan membuka email notifikasi yang dikirmkan ke alamat email baru yang sudah Anda cantumkan tadi.

5. Masuk ke akun Gmail Anda, lalu lihat di kotak masuk apakah email notifikasi sudah terkirim jika belum ada baiknya Anda me-refresh email Anda. Jika sudah muncul, langsung buka email tersebut dan klik link yang tertera dengan ikon Confirm Email Address.

6. Ketika Anda mengklik ikon tersebut, Anda akan dibawa ke laman konfirmasi. Bila akun gmail Anda tersinkronisasi, maka sekali Anda klik maka alamat email ini akan terkonfirmasi langsung dengan akun Instagram.

7. Kini alamat email Instagram Anda pun sudah berhasil diganti yang baru dan berhasil terkonfirmasi, Selesai.

Demikian informasi tentang bagaimana cara mengganti email Instagram yang ternyata tidak terlalu sulit dilakukan. Alamat email ini penting gunanya ketika Anda memutuskan untuk membuat akun Instagram, meskipun Anda masuk mengunakan akun Facebook.

Sebab alamat email ini berguna sebagai tempat pemulihan akun, bilamana terjadi hal-hal yang tak diinginkan pada akun Instagram. Seperti lupa kata sandi misalnya, sehingga Anda bisa meminta link pemulihan melalui email untuk membuat kata sandi yang baru.

Jadi jangan pernah menyepelekan alamat email di data akun Instagram Anda, jika dirasa perlu maka gantilah dengan yang baru. Semoga bermanfaat.

cara mengganti email instagram akun private