Cara Memindahkan Akun WhatsApp Ke HP Baru Mudah Work

Sobat baru beli Hp Baru? lalu ingin memindahkan semua atau beberapa file hingga akun aplikasi ke ponsel baru termasuk salah satunya aplikasi chatting WhatsApp? nah jika sobat ingin memindahkan akun WhatsApp ke Smartphone baru, admin akan berikan tutorial secara jelas.

3 tahun terakhir ini memiliki sebuah atau beberapa smartphone bisa dibilang sebuah hal yang wajar, walaupun dalam satu hp bisa menggunakan 2 sim card sekaligus, sebenarnya sih peralihan dari featurephone ke smartphone khususnya bagi pengguna yang lokasinya diluar kota-kota besar.

Adanya persaingan hp murah dengan spesifikasi yang bagus juga menjadi dasar peralihan dari smartphone lama ke yang baru, sebagai contoh Xiaomi adalah salah satu sebuah perusahaan yang sering sekali merusak harga smartphone di level bawah dan menengah.

Jika sudah demikian akun sosial media (WhatsApp, Facebook, Instagram, BBM, Line), akun game, email dan sebagainya harus pun dibackup ke ponsel baru

Hal diatas mengharuskan penggunanya untuk menginstal ulang aplikasi yang dibutuhkan ke smartphone baru dengan segala konfigurasinya salah satunya adalah aplikasi WhatsApp yang juga dipindah ke Hp baru.

Cara Memindahkan Akun WhatsApp Ke HP Baru Tanpa Aplikasi

Secara jelas, lengkap dan detail kamu bisa ikuti tutorial dibawah ini cara memindahkan WhatsApp ke Hp baru:

1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membackup semua chat whatsapp baik teks, video, gambar, suara dan file-file. Lihat gambar dibawah untuk langkahnya:

Pada langkah ke 5 sesuai gambar diatas, pastikan kamu sudah konek ke hotspot untuk proses backup.

Proses mencadangkan sebenarnya bisa kamu ubah ke pilihan Wi-Fi atau Seluler namun terkadang proses backup tidak berjalan, maka admin sarankan menggunakan hotspot saja (sudah banyak area free hotspot atau kamu buat hotspot pribadi).

Pastikan juga kamu sudah mengisikan akun email yang akan digunakan untuk backup ya, ini hukumnya wajib dan harus menggunakan email gmail karena  proses backup akan diproses ke Google Drive. Jika sudah klik cadangkan, lihat gambar dibawah:

Tunggu beberapa saat hingga proses backup selesai dilakukan, lama dan cepatnya proses backup tergantung dari dua hal yaitu besarnya data yang di backup dan lambat cepatnya koneksi internet yang digunakan.

2. Langkah kedua, pindahkan kartu sim kamu ke hp yang baru dan install aplikasi whatsapp, untuk lebih lengkapnya lihat gambar dibawah:

Pada gambar ke dua, kalian harus memilih CONTINUE untuk memberikan akses aplikasi whatsapp terhadap data kontak telp yang tersimpan di hp.

Hal ini di perlukan karena whatsapp sendiri hanya bisa terhubung dengan sesame pengguna whatsapp melalui nomor telp yang sudah di daftarkan untuk whatsapp. Lanjut ke langkah selanjutnya dibawah.

Pada langkah ke tiga, kamu harus memasukan nomor telp sebelumnya yang sudah digunakan untuk nomor kontak whatsapp.

Pastikan nomor yang kamu masukan benar karena nanti hal ini akan berkaitan dengan nomor verifikasi kode yang akan kamu terima melalui sms pada tahap ini. Lanjut ke langkah selanjutnya dibawah.

Pada langkah ke lima dan enam kamu pilih CONTINUE dan Allow, untuk mempermudah kamu untuk melakukan verifikasi jika kode verifikasi kamu terima melalui pesan sms yang di kirimkan dari server whatsapp. Lanjut ke langkah selanjutnya dibawah.

Baca Juga :  Cara Menonaktifkan Atau Delete Akun WhatsApp Secara Permanen

Pada langkah ke tujuh dan delapan pilih CONTINUE dan Allow, disini whatsapp akan mencari/mengakses backup google drive yang sebelumnya sudah di backup.

Jika dalam tahap ini whatsapp gagal menemukan file backup yang telah di lakukan sebelumnya berarti ada indikasi kamu belum memasukan sim card ke hp dan kamu juga belum memasukan akun email kamu sebelumnya.

Tetapi jika kedua hal tersebut sudah kamu lakukan tapi whatsapp masih gagal menemukan file backup, maka pastikan bahwa singkronisasi akun email kamu di hp dalam status sukses bukan gagal dan koneksi internet juga harus bagus. Lanjut ke langkah selanjutnya dibawah.

Pada langkah ke Sembilan, file backup ditemukan dengan begini maka chat-chat yang lama akan kembali lagi di tampilkan di hp yang baru ini, pilih RESTORE untuk memulai proses pengembalian data. Lanjut ke langkah selanjutnya dibawah.

Pada tahap ini kamu harus menunggu hingga proses restoring data message selesai dilakukan, cepata dan lamanya proses restoring tergantung dari besarnya chat yang kamu miliki dan kecepatan akses internet yang kamu pake.

Saat ini whatsaap hanya melakukan proses resting messages saja ya gais, untuk proses restoring file gambar, video, rekaman dan lainya akan di restore setelah aplikasi whatsapp terbuka ( tunggu di langkah berikutnya ) jika sudah pilih NEXT. Lanjut ke langkah selanjutnya dibawah.

Pada tahap ini kamu bisa menentukan kembali foto profile dan nama kontak whatsapp kamu apakah mau sama dengan sebelumnya atau kamu ganti, pilihan ada di kalian gais. Jikas sudah pilih NEXT, Lanjut ke langkah selanjutnya dibawah.

Gambar diatas adalah tampilan awal saat kamu masuk ke whatsapp yang baru dengan segala restoring data messages yang telah dilakukan sebelumnya.

Dalam tahap ini ya gais restoring media seperti file video, gambar, rekaman dll dilakukan seperti yang admin jelaskan sebelumnya. Jika tahap restoring media di atas sudah selesei maka proses memindahkan Akun Whatsapp ke HP Baru telah sukses dilakukan.

Kalo dihitung-hitung umur penggunaan smartphone saat ini paling hanya satu atau dua tahun saja setelah itu ganti lagi ke smarphone yang lebih canggih dan mumpuni dari segi harga dan kualitas yang ditawarkan.

Silahkan share link ini agar teman ataupun sanak saudara kamu yang belum tahu cara memindahkan akun whatsapp ke hp baru bisa ikut mempelajarinya dan dalam rangka membantu sesama. Bagikan juga pengalaman kamu saat membuat grup whatsapp.

Salam #MA

cara memindahkan whatsapp ke hp baru