Cara Membuat Strory Instagram Dengan Benar [Lengkap] 2018

Bagaimana cara membuat instagram story di akun instagram kalian? terutama buat kalian yang sangat aktif di media sosial dan sangan suka sekali update status instagram terutama stoty IG yang berupa video dan tulisan.

Instagram kini menjelma menjadi social media yang sangat populer utnuk anak milenial, kalau istilah kerenya anak zaman now. Berbagai fitur di suguhkan agar para pengguna betah berlama-lama di dalam instagram.

Fitur yang paling di sukai adalah fitur story instagraam. Dengan fitur story IG kalian dapat membuat foto atau video yang mana setelah 24 jam foto/video akan hilang dengan sendirinya.

Lalu bagaimana cara membuat story instagram bagi pengguna baru (Newbi). Tenang dalam artikel ini saya akan membahas langkah-langkah cara membuat story IG, terus baca artikel ini agar tahu caranya.

Cara Membuat Strory Instagram Agar Terlihat Keren

Sebelum saya melanjutkan artikel ini, saya anggap kalian sudah menginstal instagram di smartphone, sehingga kalian bisa segera membuat instagram story afat terlihat keren, Oke langsung saja:

1. Silahkan ke beranda instagram. Lalu lihat sebelah pojok kiri atas pada aplikasi instagram, di situ ada ikon kamera tekan pada ikon kamera tersebut.

2. Setelah itu tekan ikon kamera, maka akan di bawa ke layar selanjutnya (contoh pada gambar nomor 1). Sekarang perhatikan lingkaran besar yang berada di tengah layar smartphone. Lingkaran tersebut berfungsi untuk mengambil foto atau video.

Tekan 1 kali untuk mengambil foto, tekan dan tahan untuk mengambil video. Durasi pengambilan video biasanya hanya 15 detik. Sampai di sini saya harap anda paham, mari ke langkah selanjutnya.

3. Jika sudah mengambil foto atau video, langkah selanjutnya bisa mengedit gambar atau video sebelum di upload. Bagaimana cara mengeditnya?

Lanjutkan terus bacaan, kita akan explrore fungsi dari ikon-ikon tersebut

Sekarang lihat layar pada bagian atas smartphone di situ terdapat beberapa. Setiap ikon mempunyai fungsi yang berbeda. Sekarang lihat huruf Aa pada bagian atas berfungsi untuk membuat tulisan. Jika kalian tekan huruf Aa maka akan muncul keyboard utnuk menulis, silahkan tulis apa saja yang diinginkan.

Untuk menggeser tulisan, tinggal tulisan tersebut dengan jari lalu bisa sobat geser ke atas atau ke bawah.

Disamping huruf Aa ada ikon pulpen,ikon pulpen berfungsi untuk membuat coretan-coretan pada foto/video. Ada beberapa pilihan warna yang bisa dipilih untuk berkreasi. Contohnya ada pada gambar di bawah ini.

Lalu ada ikon sticker di sebelah kiri ikon pulpen. Ikon tersebut berfungsi untuk menambahkan sticker yang menarik dan sesuai untuk di tambahkan ke dalam foto/video story instagram. Nah scoll ke bawah unuk mencari sticker yang bagus dan keren.

4. Setelah foto dan video selesai di edit, saatnya untuk membagikan foto/video story. Caranya tekan tombol bagikan, tombol ini terletak di bagian kanan bawah pada layar smartphone.

5. Lalu kalian akan di arahkan pada layar selanjutnya (lihat contoh gambar di bawah) di situ akan muncul beberapa opsi pembagian.

Baca Juga :  Template dan Ukuran Story Instagram ( InstaStory )

Opsi pertama story instagam di bagikan ke timeline.

Opsi ke dua di bagikan ke Whatsapp dan

Opsi ke tiga di bagikan ke teman.

Silahkan pilih bagikan ke timeline, jika sudah tekan selesai (tombol selesai terletak pada bagian paling bawah layar ponsel)

Jika ingin melihat hasilnya, silahkan tekan lingkaran dengan gambar foto profil. Dan kalian pun sudah bisa membuat story instagram sendiri.

Tahukah jika ada beberapa penambahan fitur baru pada story instagram. Ada baiknya melanjutkan artikel ini agar selalu up to date dengan perkembangan instagram.

Fitur Instagram Stroy Terbaru (Update)

Instagram juga gencar mengeluarkan fitur-fitur baru agar penggunanya tidak berpindah ke lain social media. Apa saja fitur terbaru dari IG? mari kita cari tahu.

1. New Font Style (Model huruf baru)

Instagram tahu kalau instagram story adalah media paling populer di gunakan untuk membagikan konten berupa foto ataupun video. Pengguna instagram pasti akan mulai bosan jika model huruf cuma itu-itu saja.

Maka dari itu instagram mengeluarkan model huruf baru. Contohnya bisa lihat pada gambar di bawah ini.

Untuk menggunakan fitur ini, silahkan geser ke menu teks pada story.

2. Sorotan Story (Highlight)

Jika ingin halaman profil terlihat lebih keren. Maka gunakan fitur sorotan yang di sediakan oleh instagram. Agar lebih jelas bisa lihat contoh di bawah. Bagaimana cara membuatnya? baca artikel ini sampai selesai,pada bagian akhir artikel ini saya akan memberikan tutorial cara membuat sorotan instagram story.

3. GIFs

Giliran sekarang bisa menambahkan sticker animasi yang bisa bergerak pada instagram story. gampangnya bisa mencari GIFs yang sesuai dengan selera masing-masing, tinggal ketik di kolom pencarian: Dance, hearts, dog, cat dan sebagainya.

Ukuran Instagram Story

Ukuran instagramm story adalah 1920 px X 1080 px. Jika sobat adalah seorang konten kreator yang sering mengedit foto menggunakan software photoshop. Maka harus menggunakan ukuran di atas agar saat foto di upload di instagram story, foto bisa terlihat seutuhnya.

[BONUS] Trik Membuat Sorotan Cerita (Story)

Silahkan buat story, bisa gunakan tutorial membuat instagram story di atas. Jika sudah di upload,buka kembali story yang telah dibuat. Maka akan muncul ikon hati pada layar bagian bawah tekan ikon hati tersebut.

Lalu buat nama sorotan tersebut, Jika sudah selesai tekan buat sorotan. Maka sorotan tersebut akan muncul pada halaman profil instagram.

Demikian cara membuat instagram story dari ponselsoak, mudah bukan? jadi sekarang sudah bisa setiap saat membagikan sesuatu di sosial media secara live dalam bentuk tulisan maupun video live, semoga bermanfaat 🙂