Cara Membuat Grup Whatsapp Simple Gan!

Apa itu grup? Grup adalah kumpulan dari beberapa atau banyak orang yang berada dalam sebuah komunitas dan mempunyai visi misi yang sama (by admin). Dalam sebuah grup sebuah informasi yang dilontarkan akan dikirim secara broadcast ke semua anggota dan bisa diterima dalam waktu yang hampir bersamaan.

Dalam kasus ini koneksi internet yang digunakan oleh setiap anggota sangat mempengaruhi kecepatan pesan yang diterima.

Membuat satu, dua atau lebih grup dalam aplikasi whatsapp sangatlah mudah bahkan bagi orang awam sekalipun. Dalam membuat grup ada beberapa hal yang harus di perhatikan agar keutuhan grup bisa berjalan sebagaimana yang diharapkan ketika ide membuat grup tercetuskan.

Number one, paling sedikit terdiri dari dua orang yaitu satu orang sebagai admin dan satu orang lagi sebagai anggota grup.
Number two, ada sebuah tujuan pasti kenapa sebuah grup dibuat agar kedepanya tidak disalahkan fungsinya.
Number three,terdapat sebuah logo/gambar yang difungsikan sebagai identitas dari grup yang dibuat.
Number four, pastikan dalam sebuah grup hanya berisikan anggota yang memang sejalan dengan visi misi grup tersebut dibuat.

Teknik Mudah Membuat Grup WhatsApp

Secara jelas, lengkap dan detail kamu bisa ikuti tutorial dibawah ini:

1. Pastikan smartphone kamu sudah terinstal aplikasi WA, jika belum kamu bisa membuka aplikasi Google Play Store dan pada kolom search kamu ketikan whatsapp dan install aplikasi tersebut hingga finish.

2. Buka aplikasi WA dan pilih icon titik tiga di pojok kanan atas lalu pilih New Group. Lihat gambar dibawah:Cara Membuat Grup WhatsApp 1Cara Membuat Grup WhatsApp 23. Setelah New Group di pilih maka kamu akan dihadapkan pada antarmuka untuk menentukan anggota grup yang akan di buat. Lihat gambar dibawah:Cara Membuat Grup WhatsApp 3Pada kondisi ini kamu dihadapkan dua pilihan cara untuk mencari anggota yang akan di masukan ke dalam grup yaitu kamu bisa melakukan scroll kebawah untuk mencari satu persatu calon anggota atau dengan lansung kamu pilih gambar icon search/pencarian dan tinggal kamu ketikan saja nama anggota yang dimaksud.

Jika calon anggota yang dicari sudah kamu dapati tinggal dipilih saja anggota tersebut dan otomatis akan ditampilkan pada bagian atas yang berarti orang tersebut sudah dimasukan ke dalam grup.

4. Berikut ini contoh beberapa anggota yang telah admin pilih. Lihat gambar dibawah:Cara Membuat Grup WhatsApp 4Pada bagian atas yang admin berikan kotak merah adalah orang-orang yang sudah admin pilih sebagai anggota dari grup yang akan admin buat. Sampai tahap ini kamu bisa pilih gambar yang di berikan kotak biru untuk lanjut ketahap berikutnya.

5. Dalam tahap ini kita akan menentukan nama grup dan gambar grup. Lihat gambar dibawah:Cara Membuat Grup WhatsApp 5Langkah satu, kamu akan diminta untuk menentukan nama grup dan disini admin beri nama Pemadam Flash. Dilangkah kedua kamu diminta untuk menentukan gambar dari grup, biasanya untuk gambar ini merupakan latar belakang dari nama grup tapi bisa juga berlawanan dari nama grup. Untuk bentuknya sendiri bebas dan tidak ada ketentuanya dari WA.

Baca Juga :  Cara Mudah Menghapus Pesan Terkirim di Whatsapp Dalam 15 Detik!

Ketika langkah kedua kamu pilih maka kamu akan dihadapkan dengan tiga pilihan. Lihat gambar di bawah:Cara Membuat Grup WhatsApp 6Pertama kamu bisa menggunakan gambar yang sudah dibuat dan tersimpan dalam Gallery. Kedua kamu bisa menggunakan Camera untuk mengambil objek gambar yang sesuai dengan nama grup kamu. Ketiga kamu bisa mengambil gambar melalu Search Web, pastikan koneksi internet lancar jika kamu memilih langkah ini.

6. Jika langkah di atas telah kamu lakukan maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini:Cara Membuat Grup WhatsApp 7Gambar untuk grup sudah ada, nama grup juga sudah dibuat dan anggota grup juga sudah ada. Berarti sudah lengkap dan selanjutnya kamu pilih gambar yang admin beri kotak merah untuk lanjut kelangkah selanjutnya.

7. Finish, pembuatan grup whatsapp sudah selesei. Lihat gambar dibawah:Cara Membuat Grup WhatsApp 8Pada kotak merah ada keterangan You create group “Pemadam Flash” artinya kamu telah berhasil membuat grup yang bernama pemadam flash dan kondisi diatas juga di artikan bahwa kamu adalah admin pertama dari grup tersebut karena pada dasarnya kamu yang membuatnya.

Ketika grup telah selesei dibuat maka orang-orang yang kamu pilih menjadi anggota grup akan mendapatkan konfirmasi bahwa dia dimasukan kedalam sebuah grup. Beberapa perubahan dapat kamu lakukan pada grup yang sudah dibuat, contohnya jika dirasa anggotanya masih kurang kamu bisa langsung menambahkan anggota baru, gambar grup juga bisa diganti, ada anggota yang bermasalah bisa kamu keluarkan dan kamu juga bisa merubah status orang yang awalnya anggota grup di rubah menjadi admin grup.

Baca Juga:
Cara Sadap WA Jarak Jauh Tanpa Menyentuh HP Korban
Cara Menarik Pesan WA yang Telah Terkirim Tanpa Ketahuan!
Cara Membaca Kembali/Mengembalikan Pesan WA yang Telah Terhapus
Cara Mengeluarkan Admin Grup WA yang Menyebalkan

Diawal berdirinya sebuah grup sebaiknya kamu membuat beberapa ketentuan yang bisa dibahas dan tidak boleh di bahas. Hal ini dimaksudkan agar grup bisa berjalan sesuai visi misi awal grup di buat dan ketentuan tersebut harus di patuhi oleh semua anggota grup termasuk admin.

Silahkan share link ini agar teman ataupun sanak saudara kamu yang belum tahu cara membuat grup whatsapp bisa ikut mempelajarinya dan dalam rangka membantu sesama. Bagikan juga pengalaman kamu saat membuat grup whatsapp di kolom komentar di bawah.

Salam #MA