insurance car insurance insurance companies car insurance quotes auto insurance car insurance companies insurance quotes cheap car insurance cheap insurance auto insurance companies auto insurance quotes liability insurance homeowners insurance cheap auto insurance the general insurance motorcycle insurance online insurance cheap insurance quotes car insurance rates automobile insurance sr22 insurance the general car insurance online auto insurance really cheap auto insurance cheap full coverage auto insurance car insurance estimator affordable car insurance cheapest insurance auto insurance quotes comparison motorcycle insurance quote cheap auto insurance quotes affordable auto insurance car insurance price comparison purchase auto insurance online low cost auto insurance collector car insurance instant auto insurance travel insurance short term health insurance dental insurance plans cheap renters insurance senior life insurance burial insurance renters insurance pet insurance dental insurance term life insurance quotes medical insurance quotes health insurance medical insurance plans dog insurance whole life insurance long term care insurance private health insurance boat insurance quote commercial vehicle insurance life insurance policy best life insurance medical insurance home insurance self employed health insurance health insurance plans for family life insurance the general auto insurance small business health insurance life insurance companies health insurance for children usa insurance annuity commercial insurance humana health insurance farm insurance mutual life insurance disability insurance new york life insurance accident insurance e insurance high risk car insurance best life insurance companies nationwide car insurance auto home insurance geico insurance

7 Cara Membaca & Melihat Kembali Pesan WhatsApp Yang Sudah Dihapus

#KEPO, bagi kamu yang selalu ingin tahu tentang hal-hal yang baru atau penasaran untuk melihat pesan yang dihapus dari grup whatsapp atau chat pribadi yang salah kirim. Sepertinya tidak salah jika admin menuliskan #KEPO di awal kalimat.

Memang cukup membuat penasaran jika kamu mendapatkan pesan yang dihapus begitu saja dan bisa jadi berisi sesuatu hal yans sifatnya pribadi maupun sebuah rahasia besar, misal saja kita bayangkan jika pesan tersebut adalah sebuah kode brangkas bank atau sebuah lokasi dari pertemuan dari Bandar.

Tutorial ini admin buat karena pada dasarnya chat yang sudah dihapus dari whatsapp tidak tersimpan pada history whatsapp, jika kamu tidak melakukan backup secara keseluruhan sebelum pesan yang salah kirim di hapus oleh si pengirim.

Jika beberapa waktu lalu admin membahas cara menghapus pesan WA yg sudah dibaca, maka kali ini kebalikannya, yakni restore chat WhatsApp yang terhapus, jadi bagaimana cara membaca pesan WA yang dihapus?

Bisa juga jika kamu sudah menggunakan auto backup di waktu tertentu melalui google drive yang tersiknronisasi langsung dengan whatsapp dan bisa dibilang tidak semua orang mau menggunakan google drive atau malah bingung cara backup dengan google drive (lain waktu akan admin bahas).

Cara Mengembalikan Pesan WhatsApp Yang Telah Terhapus

Biar #KEPO kamu cepet sembuh kita memerlukan aplikasi pihak ketiga yang akan kita gunakan yaitu Recent Notification.

Secara jelas, lengkap dan detail kamu bisa ikuti tutorial cara membaca pesan WA yang dihapus atau cara mengembalikan pesan WhatsApp yang telah terhapus dibawah ini:

A. Cek Version WhatsApp Yang Digunakan

1. Langkah pertama adalah memastikan bahwa aplikasi whatsapp yang kamu gunakan saat ini sudah yang paling baru paling tidak versi 2.17.427 atau versi diatasnya. Jalankan aplikasi WhatsApp lalu pilih Titik Tiga dipojok kanan atas.
Versi Whatsapp Mengembalikan Pesan 1

 

2. Pilih opsi Settings.

Versi Whatsapp Mengembalikan Pesan 2

 

3. Pilih opsi Help.

Versi Whatsapp Mengembalikan Pesan 3

 

4. Pilih opsi App info.

Versi Whatsapp Mengembalikan Pesan 4

5. Berikut ini penampakan versi minimal aplikasi WhatsApp yang terpasang di hp sobat.

Versi Whatsapp Mengembalikan Pesan 5

Jika aplikasi WhatsApp yang terpasang di hp sobat lebih tinggi dari versi pada gambar diatas maka Admin ucapkan selamat karena sobat sudah menggunakan versi yang paling uptudate.

[BACA: Cara Menarik Pesan WA yang Telah Terkirim Tanpa Ketahuan]

B. Mengetahui Versi WhatsApp Dengan Cara Menghapus Pesan

Selain cara di atas bisa juga dengan cara yang lebih mudah yaitu kamu lakukan klik tahan beberapa saat pada chat yang kamu kirim dalam grup maupun pribadi hingga di munculkan tampilan Delete For Me, Cancel dan Delete For Everyone, lihat pada gambar dibawah:
Versi Whatsapp Mengembalikan Pesan 6Jika sudah ada tampilan seperti diatas maka sangat bisa di pastikan bahwa versi whatsapp kamu sudah yang terbaru. Bisa juga saat kamu praktekan tutorial ini hanya ditampilkan Delete For Me dan Cancel saja.

[BACA: Cara Menyadap WA]

Terkait hal di atas tidak menjadi masalah karena Delete For Everyone hanya akan tampil jika proses di atas kamu lakukan saat chat yang kamu kirim masih dalam batas waktu 7 menit dari saat dikirim.

C. Memasang Aplikasi Recent Notification

Jika ketentuan langkah A dan B diatas sudah kamu penuhi saatnya beralih ke langkah selanjutnya yaitu menginstal aplikasi Recent Notifications.

1. Buka aplikasi Google Play Store dan ketikan Recent Notifications pada kolom Search, jika sudah tinggal klik Instal dan tunggu beberapa saat hingga proses instalasi selesai dilakukan. Lihat gambar di bawah:
Download Aplikasi Recent Notification

2. Pilih opsi Open setelah aplikasi Recent Notification berhasil di instal.

Install Aplikasi Recent Notification
3. Ada sebuah pertanyaan yang jika di artikan, izinkan aplikasi Google Playstore untuk menjalankan aplikasi Recent Notification. Pilih opsi Accept.
Accept Aplikasi Recent Notification

 

[BACA: Cara Mengeluarkan Admin Grup WA]

4. Pada tahap ini aplikasi Recent Notification akan dijalankan dan aplikasi Recent Notification meminta kepada user agar mengaktifkan atau memberikan akses kepada aplikasi ke sistem. Sobat pilih opsi Enable Now. Lihat gambar di bawah:
Enable Now Aplikasi Recent Notification

5. Disinilah kunci dimana semua notification yang muncul pada sistem hp kamu akan terekam oleh aplikasi Recent Notification, syaratnya adalah memberikan akses. Sekarang kamu geser atau kamu pilih sesuai gambar yang di kotak merah hingga warnanya berubah dari abu-abu menjadi biru seperti contoh pada Mi Fit. Lihat gambar dibawah:
Notif 1

 

6. Sistem pada hp kamu disini memberitahukan sekaligus bertanya yang intinya aplikasi Recent Notification akan bisa membaca semua pemberitahuan termasuk informasi peribadi seperti kontak nama dan pesan yang kamu terima. Tentu saja kamu pilih opsi Allow, karena percuma kamu instal jika akses yang dibutuhkan tidak diberikan. Lihat gambar dibawah:
Notif 2

[BACA: Cara Hapus, Delete Grup WA dengan Mudah]

7. Berikut ini penampakan setelah Notification Access di berikan untuk aplikasi Recent Notification.
Notif 3Jika sudah aktif seperti pada gambar maka konfigurasi yang diperlukan agar aplikasi Recent Notification bisa berjalan dengan seharusnya sudah beres. Yang perlu kamu lakukan sekarang adalah beraktifitas normal seperti biasanya ketika kamu menggunakan hp.

D. Hasil Pemasangan Aplikasi Recent Notification

1. Ketika sobat mendapati ada teman chat yang menghapus pesan yang dikirim maka saat itu juga chate yang di hapus sudah terekam. Lihat gambar dibawah:
Pilih Chat Delete FadliDisini seorang anggota grup bernama fadli menghapus pesan chatnya tanpa kita ketahui isi dari pesan tersebut karena sudah dihapus pengirim.

2. Untuk bisa mengetahui isi dari pesan yang di hapus, sobat harus membuka aplikasi Recent Notifikation. Lihat gambar dibawah:Jalankan Aplikasi Recent Notification

3. Sobat bisa melihat bahwa notification dari whatsapp terbaca di aplikasi Recent Notification lalu pilih pesan WhatsApp tersebut. Lihat gambar dibawah:Tampilan 1

4. Berikut ini penampakan dari pesan chat yang di hapus. Lihat gambar dibawah:Tampilan 2Tadi pada tutorial nomor 5, akun atas nama Fadli menghapus pesan chatnya pada pukul 23.13 ya. Ternyata isi pesanya adalah kok sepi, seperti pada gambar yang admin beri kotak merah, nah itu cara membaca pesan WA yang dihapus.

Sampai disini kamu sudah bisa melihat isi dari pesan yang dihapus oleh teman lain, dengan kata lain sobat sudah restore chat WhatsApp yang sudah dihapus. Bagaimana mudah kan?

[BACA: Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Kirim Pesan Video]

Secara umum dapat admin jelaskan, mungkin jika dari kalian ada yang berbeda tampilanya saat melakukan konfigurasi hal itu sangat bisa dimaklumi karena admin menggunaka hp Xiaomi tapi secara garis besar tahapanya adalah sama persis.

[BACA: Cara Delete Akun WhatsApp Secara Permanen]

Sesuai dengan nama aplikasi pihak ketiga yang di instal yaitu Recent Notification, maka setiap notifikasi yang muncul akan terbaca juga di Recent Notification. Misalkan saja jika ada sms masuk, panggilan telp, pesan BBM, aplikasi yang berhasil di instal melalui play store, hingga alarm juga akan ditampilkan.

[BACA: Cara Memindahkan Akun WhatsApp ke HP atau Smartphone Baru]

Untuk selanjutnya mungkin admin akan update terkait mengembalikan pesan di sosial media lain jika memungkinkan seperti pada Instagram, Facebook dan sosial media lainnya. namun semoga penjelasan cara membaca pesan WA yang dihapus, bisa dimengerti dengan mudah 🙂

Silahkan share link ini agar teman ataupun sanak saudara kamu yang belum tahu cara membaca kembali pesan yang dihapus pada whatsapp bisa ikut mempelajarinya dan dalam rangka membantu sesama. Bagikan juga pengalaman kamu saat menggunakan aplikasi Recent Notification di kolom komentar di bawah.

Category:
WhatsApp
Tags: