Kenapa Whatsapp Tidak Bisa Kirim Pesan Suara?

Gagal kirim pesan teks melalui whatsapp mungkin bukan sesuatu yang mengesalkan tapi bagaimana jika gagal kirim pesan suara melalui whatsaap? Bisa dibilang bikin jengkel juga, karena kemungkinan pesan suara ย yang mau dikirim tersebut berisikan sebuah kata-kata yang lucu atau mungkin juga sebuah bukti rekaman tindakan kriminal.

Suara yang dikirim dan di perdengarkan bisa langsung di identifikasi pemilik suara tersebut tentunya hal ini berbeda dengan pesan teks. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan jika kamu mengalami masalah tidak bisa kirim pesan suara whatsapp.

Penyebab WhatsApp Tidak Bisa Kirim Pesan Suara

Selalu ada alasan atas semua penyebab seperti yang terjadi pada whatsapp anda, mari simak tipsnya, Secara jelas, lengkap dan detail kamu bisa ikuti tutorial dibawah ini:

1. Langkah pertama, cek mikrofon kamu dengan aplikasi recorder bawaan hp. Jalankan aplikasi tersebut dan coba untuk merekam suara lalu coba di play untuk memastikan suara yang direkam ada dan bisa kamu dengar. Kebetulan admin menggunakan hp xiaomi, tapi dalam prakteknya tutorial ini sama saja jika diterapkan pada smartphone lain. Lihat gambar dibawah:
Kenapa Whatsapp Tidak Bisa Kirim Pesan Suara 1Kenapa Whatsapp Tidak Bisa Kirim Pesan Suara 2Kenapa Whatsapp Tidak Bisa Kirim Pesan Suara 3Kenapa Whatsapp Tidak Bisa Kirim Pesan Suara 4Kenapa Whatsapp Tidak Bisa Kirim Pesan Suara 5Kenapa Whatsapp Tidak Bisa Kirim Pesan Suara 6Kenapa Whatsapp Tidak Bisa Kirim Pesan Suara 7Pada tahap ini jika kamu record suara dan di play terdengar suara yang kamu rekam tadi berarti mikrofon dalam keadaan berfungsi sebagaimana mestinya. Tetapi jika saat kamu play tidak ada suara yang kamu rekam, padahal volume sudah maksimal maka dalam kasus ini bisa di pastikan perangkat mikrofon rusak.

2. Langkah kedua, memeriksa permission/izin penggunaan fitur pada whatsapp karena terkadang fitur ini dalam kondisi deny/disable dan seharusnya pada posisi accept/enable. Lihat gambar dibawah:
Kenapa Whatsapp Tidak Bisa Kirim Pesan Suara 8Kenapa Whatsapp Tidak Bisa Kirim Pesan Suara 9Kenapa Whatsapp Tidak Bisa Kirim Pesan Suara 10Kenapa Whatsapp Tidak Bisa Kirim Pesan Suara 11Kenapa Whatsapp Tidak Bisa Kirim Pesan Suara 12Kenapa Whatsapp Tidak Bisa Kirim Pesan Suara 13Mungkin dari kamu ada yang bertanya, om admin kenapa pada langkah satu diatas sudah bisa melakukan record suara tanpa harus melakukan perubahan seperti pada langkah kedua. Jawabanya karena aplikasi record yang digunakan adalah sudah bawaan dari hp dan whatsapp merupakan aplikasi tambahan maka konfigurasi record suara perlu di cek apakah sudah accept atau deny. Demikian.

3. Langkah ketiga, tes record suara melalui aplikasi whatsapp. Dua langkah diatas sudah sangat menjanjikan untuk memastikan record suara pasti akan berhasil. Lihat gambar dibawah:
Kenapa Whatsapp Tidak Bisa Kirim Pesan Suara 14Proses record berjalan dengan baik seperti yang kamu lihat pada gambar yang admin kasih kotak biru.
Kenapa Whatsapp Tidak Bisa Kirim Pesan Suara 15Setelah proses record selesei, pesan tersebut berhasil dikirim dan di terima oleh penerima ditandai ceklis dua warna abu-abu. Sukses.

Baca Juga :  Cara Menambah Durasi Status Video Whatsapp Tanpa Root

4. Jika sampai langkah ketiga kamu masih mengalami kegagalan, maka untuk record suara kita gunakan saja aplikasi bawaan hp. Lihat gambar dibawah pastikan tiap langkahnya kamu lakukan:
Kenapa Whatsapp Tidak Bisa Kirim Pesan Suara 16Kenapa Whatsapp Tidak Bisa Kirim Pesan Suara 17Kenapa Whatsapp Tidak Bisa Kirim Pesan Suara 18Kenapa Whatsapp Tidak Bisa Kirim Pesan Suara 19Kenapa Whatsapp Tidak Bisa Kirim Pesan Suara 20Kenapa Whatsapp Tidak Bisa Kirim Pesan Suara 21Seperti yang kamu lihat pada gambar terakhir yang admin beri tanda kotak biru, pengiriman pesan suara sukses ya.

Jika kamu masih bermasalah juga, bisa kamu cek aplikasi google assisten atau xiaomi assisten yang terinstal di hp mu. Bisa jadi terjadi crash antara aplikasi tersebut dengan whatsapp. Untuk antisipasi kamu bisa melakukan langkah kedua di atas untuk google assisten dan xiaomi assisten dan pada record audio kamu tetapkan menjadi deny/disable.

Pastikan juga kamu sudah menggunakan aplikasi whatsapp resmi yang hanya di download pada google play store. Jika tidak resmi, berarti whatsapp yang kamu gunakan adalah whatsapp yang sudah dimodifikasi oleh orang lain dan hal itu sangat riskan jika ditumpangi oleh program jahat.

Koneksi internet yang lelet juga bisa mempengaruhi proses pengiriman pesan suara walaupun secara record suara sudah berhasil. Gunakan operator yang memiliki kecepatan internet cepat dan stabil, admin tidak menyarankan kamu harus menggunakan telkomsel, indosat, xl, tri, smartfreen maupun bolt karena beda lokasi beda operator yang berjaya pada kecepatan dan stability. Hal ini sangat di mungkinkan karena bisa jadi di jawa barat telkom yang berjaya dan di jawa tengah indosat yang berjaya atau mungkin malah di Jakarta si operator saling gontok-gontokan hahaha. Sesuaikan dengan lokasi kamu tinggal ya.

Tapi jika masih bermasalah juga, cobalah untuk uninstall whatsapp kamu lalu rebot hp kamu dan install kembali whatsapp kamu via google play store

Silahkan share link ini agar teman ataupun sanak saudara kamu yang belum tahu kenapa whatsapp tidak bisa kirim pesan suara bisa ikut mempelajarinya dan dalam rangka membantu sesama. Bagikan juga pengalaman kamu saat membuat grup whatsapp di kolom komentar di bawah J.

Salam #MA

kenapa whatsapp tidak bisa kirim pesan suara,whatsapp tidak bisa kirim pesan suara