Cara Flash Semua Merk HP Android Tanpa PC

Bingung flash hp kalian yang beragam merk, samsung, xiomi, oppo, vivo, lenovo, advance, lg, dsb, bingung firmware mana yang harus digunakan, tenang saja admin punya solusi kalian bisa flash hp apa saja dengan satu cara dan bahkan tanpa pc atau laptop.

Apasih tujuan flash Hp? ini berbeda ya dengan makna emak-emak (flash sale), secanggih apapun sebuah device pasti ada kalanya hang atau error, admin beberapa kali pernah menemani teman untuk flash hp di toko service hp, dengan harga yang bervariasi.

Nah ketika menggunakan perangkat tersebut, Anda mungkin pernah mengalami kejadian di mana perangkat Android tiba-tiba error atau hang. Bahkan masalah yang dialami tersebut sampai menyebabkan bootlop yang membuat smartphone tidak bisa masuk lagi sampai ke tampilan home hanya berputar di logo awal atau bahkan mati.

Jika hal seperti ini terjadi pada smartphone Anda, maka sistem operasi perangkat perlu segera diperbaiki, Cara yang dapat Anda lakukan untuk memperbaikinya salah satunya adalah dengan install ulang perangkat atau melakukan flash. Tentunya sudah ada beberapa alternatif cara yang dapat dilakukan untuk install ulang perangkat.

Ada cara yang harus menggunakan bantuan komputer atau PC, ada yang mencoba menyelesaikannya dengan membawa ke layanan service hp, dan ada pula yang mencoba flash sendiri, Bagi Anda yang ingin mencoba memperbaiki masalah ini sendiri dengan cara flash, kita akan mengulas langkah-langkahnya satu per satu untuk memudahkaan Anda.

Sementara itu untuk firmware yang digunakan dapat disesuaikan dengan sistem operasi yang cocok misalnya OS Oreo, Marshmellow, Nougat, Kitkat, Lollipop, atau yang lainnya. Jika Anda sudah tidak sabar ingin mencoba caranya, simak langkahnya di bawah ini.

Cara Flash Hp Semua Merk Hp Android Tanpa PC

Untuk melakukan flash seperti down grade sistem operasi atau upgrade OS Android di hp, Anda memerlukan sejumlah tools yang akan digunakan untuk proses install ulang tanpa menggunakan bantuan perangkat komputer atau PC.

Apapun yang sobat lakukan silahkan pikir dulu secara matang dan jangan gegabah, ingat tutorial ini bisa jadi bikin hp sembuh atau sebaliknya, ‘DWYOR’, untuk tools yang digunakan, anda sebaiknya mendownloadnya lebih dulu.

1. Pertama, siapkan dulu custom rom yang sesuai dengan spek smartphone Anda.

2. Jika belum memiliki custom rom, download lebih dulu custom rom tersebut dengan melakukan pencarian di Google. Selain itu Anda juga perlu mendownload tools untuk flash.

3. Langkah berikutnya, simpan file custom rom di folder memori internal smartphone. Pisahkan folder ini kemudian namai dengan custom rom.

4. Setelah itu matikan perangkat Android kemudian hidupkan dengan recovery mode.

5. “Pastikan sebelum masuk recovery mode ini, Anda sudah melakukan backup data-data penting”. Pasalnya jika proses flashing gagal, data-data Anda secara otomatis nanti tidak akan dibackup dan secara otomatis terhapus.

6. Pilihlah menu wipe data/reset. Setelah itu pilih wipe cache partitipn dan juga wipe dalvik cache. Nantinya sistem operasi di perangkat Android secara otomatis akan terhapus.

7. Sekarang Anda dapat melakukan flash. Cara ini berbeda dengan mode recovery atau install zip yang terdapat pada cara melakukan flash zip dari memori internal yang sudah Anda simpan tadi.

8. Langkah berikutnya, ikuti instruksi dengan menggunakan tombol volume dan tombol home untuk fungsi enter.

9. Selanjutnya Anda dapat melakukan reboot system now.

10. Selesai, sekarang Anda sudah berhasil melakukan flash.

Itulah cara flash hp android tanpa menggunakan PC, mudah bukan? Cara ini dapat Anda lakukan untuk upgrade OS Android ke versi yang terbaru atau juga melakukan downgrade jika Anda mengalami masalah hp Android lemot.

Namun sekali lagi kami ingatkan silahkan untuk backup semua data yang ada pada smartphone kalian untuk menghindari dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Semoga cara flash hp semua merek hp Android tanpa PC by ponselsoak ini dapat membantu Anda melakukan flashing dengan mudah. jangan lupa jika kalian suka dengan tutorial ini, share ke sosial media milik sobat 🙂

cara flash hp tanpa pc 100% work, cara flash semua android 2018, cara flash semua merek hp tanpa pc