4 Fitur Instagram Story ‘InstaStory’ Terbaru 2018

Buat kalian yang fanatic dengan InstaStory pasti sangat menantikan fitur ter update dari Instagram Story ini, kalian pasti berharap banyak pada update kali ini, apa saja fitur-fitur terbaru dari InstaStroy, setelah update beberapa waktu yang lalu.

Tiap hari tak kurang dari 100 juta pengguna, aktif bersosialisasi di Instagram baik untuk sekedar eksis sampai untuk keperluan bisnis. Instagram pun selalu menyuguhkan fitur-fitur menarik yang semakin membuat penggunanya tak sanggup beralih.

Dan sebagai salah satu platform media sosial terpopuler, Instagram punya satu fitur yang begitu digandrungi penggunanya yakni Story. Fitur yang begitu hits tersebut sudah memiliki banyak fitur menarik untuk membuat story di Instagram makin semarak.

Mulai dari fitur seperti Live, Face Filter, Normal, Boomerang, Stories Highlight, Rewind, sampai Eraser Brush pun tak ketinggalan, serta masih banyak hal lain yang bisa kalian explor dan tentunya kita berharap kedepan masih ada update yang lebih memudahkan saat InstaStory.

Fitur Terbaru dari Instagram Story ‘InstaStory’

Tapi tampaknya Instagram akan selalu punya fitur-fitur tambahan terbaru yang tak kalah menarik dan akan membuat pengguna makin eksis di jagad maya. Ingin tahu apa saja fitur Instagram Story terbaru yang sudah rilis? Simak ulasannya berikut ini.

1. Type, Menulis Status di Story

Type menjadi salah satu fitur Instagram story terbaru yang diperkenalkan mulai 1 Februari 2018 kemarin, melalui Twitter dan juga blognya.

Fitur  tersebut akan semakin memudahkan kamu untuk mengunggah tulisan dengan berbagai gaya dan jenis font dalam Instagram story.

Sebelumnya pun kamu juga bisa menulis di Story tetapi bersamaan dengan foto atau video. Dengan Type, kamu tak perlu mengunggah foto lebih dulu untuk menuliskan “status” dan unek-unek yang tersimpan dalam bentuk tulisan.

Selain itu kamu bisa mengekspresikan tulisan dalam berbagai jenis dan warna font berbeda, sekaligus menyematkan foto background sesuai karakter kamu. Fitur Type kini sudah dapat didownload dalam versi terbaru baik di Android maupun iOS.

2. Repost Instagram Story Milik Pengguna Lain

Fitur Instagram story terbaru berikutnya ialah fitur yang memungkinkan kamu untuk me-repost story pengguna lain yang di dalam postingan tersebut men-tag nama kamu.

Dan kamu pun juga akan mendapatkan notifikasi jika pengguna yang kamu tag namanya tadi me-repost ulang story unggahan kamu di story miliknya.

Dengan fitur baru ini akan semakin memudahkan pebisnis untuk makin melebarkan sayap usahanya. Sebab akan membuat pencarian dan repost konten di story semakin mudah saja. Misalnya saja dengan penyebutan brand dan profil pengguna lain ke dalam story milikmu.

Sehingga akun tersebut dapat dengan mudah me-repost konten kamu ke story milik mereka, sehingga kamu pun dapat menjangkau follower yang lebih luas.

3. Screenshot Alert

Berbicara soal screenshot, semua pasti pernah melakukannya untuk sekedar seru-seruan. Tetapi jika biasanya kamu bisa sesuka hati men-screenshot story milik siapapun di Instagram.

Baca Juga :  Template dan Ukuran Story Instagram ( InstaStory )

Kini kamu tak akan bisa melakukannya lagi, sebab akan ada notifikasi yang akan masuk ke akun tersebut bahwa unggahan story miliknya telah kamu screenshot. Begitu pun sebaliknya.

Jadi kamu bisa tahu jika konten di story telah di screenshot oleh orang lain, melalui notifikasi yang masuk.

Meski terlihat mengganggu tetapi fitur ini pun memiliki sisi positif. Karena screenshot sama dengan di-like, jadi dapat memberitahukan konten apa saja yang paling sering disukai.  Sehingga kamu bisa berkreasi lebih kreatif lagi dalam menciptakan konten yang seru.

So, tak perlu khawatir jika konten story kamu sering di screenshot karena kamu bisa melacaknya.

4. Focus

Siap untuk menciptakan foto narsis ke satu tingkat yang baru? Fitur Instagram Story terbaru ini kini akan membuat kamu bisa mengunggah foto dengan tampilan potret yang lebih profesional, tanpa perlu tools mahal lagi. Apa itu? Focus.

Seperti namanya, fitur ini membuat foto unggahan bisa diedit sedemikian rupa agar makin ciamik dengan efek bokeh-nya. Kamu pun bisa menggunakan kamera belakang dan juga kamera depan untuk mendapatkan efek bokeh di story yang kamu unggah.

Sebelum adanya fitur Focus ini, setidaknya perlu aplikasi khusus atau ponsel mahal jika ingin memiliki tampilan dengan efek bokeh pada foto selfie yang diambil. Kini kamu tinggal membuka aplikasi instagram dan mulai mengambil foto yang kamu mau.

Fitur focus ini memanfaatkan segmentasi latar belakang dan teknologi pendeteksi wajah, dengan menggabungkan teknologi dual kamera ganda seperti yang ada di iPhone 7 plus.

Untuk menggunakannya pun tak sulit, tinggal buka aplikasi Instagram di smartphone kamu. Lalu masuk ke bagian Intagram Story, fitur Focus ada tepat di samping fitur Super Zoom lalu tap.

Jika sudah, maka layar kamera akan mulai mencari dan mendeteksi wajah. Bila wajah sudah terdeteksi, maka secara otomatis gambar di area wajah akan menjadi lebih fokus dan bagian lainnya menjadi buram.

Setelah itu langsung saja ambil foto atau video yang kamu mau. Simpel bukan? Tapi sayangnya fitur yang satu ini belum bisa dinikmati semua pengguna instagram.

Hanya perangkat tertentu yang bisa menikmati fitur terbaru ini, misalnya saja iPhone SE, iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone 7, iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X tentunya. Untuk perangkat Android sayangnya belum semua, hanya beberapa saja.

Penutup

Instagram selalu punya cara untuk membuat pengguna semakin betah berlama-lama dengan aplikasinya yang punya banyak fitur-fitur kekinian. Gunakan fitur Instagram story terbaru ini dengan baik agar kamu makin eksis di sosial media. Selamat mencoba!